Ricky Yacobi

JAKARTA – Dunia olahraga Indonesia kehilangan penyerang legendaris Indonesia di era 80an, Ricky Yacobi. Pria berusia 57 tahun tersebut meninggal saat bermain sepak bola di kompleks Gelora Bung Karno hari ini.

Kecintaan Ricky Yacobi terhadap dunia sepak bola sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Hingga menutup mata, Ricky Yacobi masih mencurahkan segala kemampuannya di dunia kulit bundar ini.

Menilik sejarah Ricky Yacobi, namanya dikenal luas oleh publik Indonesia di era80an saat bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Ricky Yacobi menjadi bagian dari Timnas Indonesia sejak 1985 hingga 1991. Puncak kegemilangannya, saat Ia berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 1987.

Pencinta sepakbola tentu tidak lupa dengan gol Ricky Yacobi di Asian Games 1986, Korea Selatan. Saat bertanding dengan Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Ricky mampu mencetak gol melalui tendangan voli.

Di klub Indonesia, Ricky Yacobi mencurahkan karier sepakbolanya bersama Arseto Solo. Ia sempat memperkuat klub PSMS Medan, namun belum pernah merasakan gelar juara Galatama maupun Liga Indonesia.

Pada 1988, Ricky Yacobi direkrut oleh klub Jepang, Matsushita. Di sana, pria bernama asli Ricky Yacob itu memiliki nama baru menjadi Ricky Yacobi. Sayangnya, karier Ricky di negeri Matahari Terbit itu kurang maksimal. Dalam empat pertandingan yang dijalani, Ricky Yacobi hanya mencetak satu gol.

By redaksi