Jakarta, Asher.id – Kementrian Ekonomi Kreatif akan terus berupaya berkomitmen membantu dan melakukan pendampingan usaha kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Ini diungkapkan melalui Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Yuana menjelaskan Kemenparekraf berkomitmen untuk mengikutkan para UMKM ke dalam program-program di Kemenparekraf, seperti program “BeliKreatifLokal” maupun program lain. Berbicara di acara Forum Kreatif Lokal, sebanyak pelaku UMKM berhasil meraih penghargaan dalam ajang Forum Kreatif Lokal (FKL) 2020. Mereka dinilai berhasil dalam menciptakan prestasi kinerja mengagumkan di tengah pandemi COVID-19.

“Melalui FKL ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik bahwa mereka bisa menjadi pejuang negeri dengan #BanggaBuatanIndonesia dengan cara mengkonsumsi dan membeli produk kreatif lokal. Dengan mengkonsumsi produk kreatif lokal, maka mereka telah membantu UMKM menjadi tulang punggung pertahanan laju perekonomian Indonesia” ujarnya.

Beberapa kepala daerah yang ikut hadir dalam aplikasi zoom , menilai  program ini diharapka bisa memberi semangat dan harapan positif bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia untuk bisa survive dalam menghadapi masa-masa pandemi yang sulit ini.

Sebanyak 18 UMKM yang menjuarai festival ini berhasil menang dala 6 kategori, mulai dari kategori fashion, kuliner, fotografi, pertunjukan, kriya, dan video. Selain sejumlah hadiah mereka juga akan mendapat kesempatan luas untuk mendapatkan exposure pemasaran pada berbagai pameran maupun event baik di dalam maupun luar negeri.FacebookTwitterEmailWhatsAppTelegram

By redaksi