Washington, Asher.id – Pasangan pemimpin baru Amerika Serikat Joe Biden dan Kamala Harris kembali mengalahkan Donald Trump. Kali ini konteksnya adalah sebagai “Person of The Year 2020” oleh Majalah TIME.

“Mantan Wapres Partai Demokrat dan pasangannya, senator asal California, yang pemilihannya berhasil menghancurkan batasan gender dan ras,” ungkap TIME dalam salah satu pernyataannya, dikutip dari Reuters, Jumat (11/12/20). “Mereka menawarkan restorasi dan pembaharuan dalam satu tiket.”

Biden dan Harris sendiri harus mengalahkan sejumlah kandidat kuat yang masuk dalam shortlist TIME. Selain Trump, shortlist TIME mencakup pula pakar kesehatan AS Dr. Anthony Fauci dan pekerja kesehatan serta Gerakan Keadilan Rasial.

Terkait terpilihnya Biden dan Harris ini turut ditanggapi oleh CEO sekaligus pemimpin redaksi TIME, Edward Felsenthal. Felsenthal yang tak ragu memuji kemenangan Biden dan Harris mengungkap beberapa faktor yang membuat keduanya bisa menyabet penghargaan bergengsi itu.

“Untuk perubahan cerita di AS secara keseluruhan, untuk menunjukkan kekuatan empati lebih besar dari kemurkaan perpecahan, untuk membagi visi untuk menyembuhkan dunia yang berduka,” kata Felsenthal. “Joe Biden-Kamala Harris adalah TIME’s 2020 Person of The Year.”

Penghargaan ini sendiri sudah dimulai sejak 1927 silam. TIME biasanya memfokuskan penghargaan bergengsi ini untuk individu satu atau lebih atau bahkan kelompok yang dianggap berpengaruh dalam setahun ke belakang.

Trump sendiri pernah mendapatkan penghargaan ini pada 2016 silam. Sedangkan TIME memilih sosok aktivis lingkungan Greta Thurnberg sebagai “Person of The Year 2019” karena tantangannya yang menginspirasi banyak pemimpin dunia untuk melawan perubahan iklim. Thurnberg juga praktis menjadi pemenang termuda dalam kategori ini.

TIME juga memberikan penghargaannya kepada sejumlah pihak lain. Seperti “Guardians of The Year 2020” untuk pekerja medis dan aktivis keadilan ras. Kemudian LeBron James dinobatkan sebagai “Athlete of The Year 2020”.

Idol kenamaan Korea Selatan BTS (Bangtan Boys) menjadi “Entertainer of The Year 2020”. Sementara bos aplikasi Zoom, Eric Yuan, menjadi “Businessperson of The Year 2020”.

By redaksi