Jakarta, Asher.id – Baru beberapa menit memposting pernyataan bahwa dirinya terkena virus corona Covid-19, warga dunia maya langsung membombardir Twitter dengan kalimat doa kesembuhan ‘Syafakallah’. Ini merupakan ucapan doa agar yang seseorang diangkat penyakitnya.

Syafakallah berarti ‘Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kamu’. Ada dua kalimat yang harus diucapkan sesuai dengan gender yang berbeda. Jika Syafakallah berarti kesembuhan untuk dia (lelaki), maka untuk wanita diucapkan Syafakillah.

Tak hanya Syafakallah. Trending Topik di Twitter juga dipenuhi dengan nama Pak Anies dan Pak Gub. Pak Anies menduduki puncak trending topik dengan hampir 2000 cuitan, sedangkan Pak Gub trending bersamaan dengan Pak Anies.

Pernyataan resmi dirinya terjangkit Covid-19 disampaikan Anies melalui akun media sosialnya, baik Twitter maupun Instagram. Dia menyampaikannya dalam bentuk video agar penjelasannya lebih terkesan akurat.

Anies menjelaskan bahwa swab test yang dilakukannya terakhir lalu merupakan yang kesekian yang pernah ia lakukan. Pada 25 November 2020, dia sempat melakukan swab test dan hasilnya negatif. Namun ketika ada kabar Wakil Gubernur Reza Patria terjangkit virus corona, Anies pun kembali melakukan swab.

Hari minggu, beliau menjalani swap antigen dan hasilnya negatif. Namun di Senin, Anies kembali melakukan swab PCR untuk mengkonfirmasi kembali.

“Malam usai swab PCR, saya mendapat kabar jika hasilnya positif. Seperti penanganan covid-19 sebelum-sebelumnya, saya ngin memberikan penjelasan secara lengkap dan transparan. Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya selama beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah mencegah seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR. Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silakan hubungi Puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap,” ujar Anies, dalam video yang dipostingnya pagi ini, Selasa, 1 Desember 2020.

Meski terjangkit Covid-19, Anies mengaku bahwa dirinya masih sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa. Beliau pun tidak merasakan suatu gejala yang berarti. Dia mengatakan akan melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur dan menjalankannya sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh tim medis.

Anies akan melakukan isolasi mandiri di Rumah Dinas. Sendirian. Sedangkan keluarganya akan tetap tinggal di rumah pribadi yang selama ini mereka tempati.

“Saya akan tetap bekerja secara virtual, memimpin rapat-rapat secara virtual. Seperti biasa yang sudah kami lakukan sejak Maret lalu. Mohon doanya akan cepat pulih dan bisa bekerja penuh. Saya ingatkan, Covid ini masih ada dan bisa menjangkiti siapa saja. Mari kira lebih disiplin dan mengikuti protokol yang telah ditetapkan,” ujar Anies.

By redaksi